Kamis, 06 Maret 2014

Ngemil Sehat!

Siapa sih, yang ngga suka ngemil? Sebenarnya, ngemil tidak terlalu berdampak buruk buat kesehatan kok, karena bisa memberi energi tambahan buat tubuh kita. Masalahnya, kita juga harus bisa memilih camilan yang tepat supaya kebiasaan ini ngga membawa masalah. Nah, ini ada beberapa alternatif snack yang lebih sehat, tapi tetap enak!

KENTANG
Menurut penelitian UNIVERSITAS HARVARD, potato chips dan french fries adalahh beberapa camilan yang mengandung lemak dan kadar garam yang sangat tinggi. Nah, sebaiknya diganti dengan:
  • Keripik tortilla, yang memiliki kalori lebih rendah dari potato chips karena menggunakan jagung sebagai bahan dasar.
  • Nachos dengan topping salsa pun masih lebih bagus dari pada keripik kentang atau french fries. Tapi, kejunya jangan terlalu banyak ya!
  • Baked potato. Kentang yang ini sama enaknya dengan french fries, tapi minim lmak jenuh karena tidak melalui proses penggorengan.
  • Kalau pas dirumah, kita bisa coba bikin variasi lain dari kentang buat camilan. Atau bisa juga membuat camilan keripik labu atau ubi goreng.
COKELAT
Cokelat sebenarnya memiliki zat posotif bagi tubuh kita. Masalahnya, banyak produk cokelat yang sudar tercampur lemak serta gula yang kurang baik bagi kesehatan. Jadi, ganti dengan:
  • Dark chocolate. Ini adalah jenis cokelat yang memiliki kalori yang jauh lebih rendah karna kadar gulanya sedikit. Terutama bisa dibandingkan dengan milk chocolate apalagi white chocolate.
  • Hot chocolate. Kita buat sendiri dirumah dengan campurkan susu rendah lemak panas dengan 2 sendok chocoa powder. Positifnya, minuman ini kaya akan kalsium yang dibutuhkan tulang kita,
  • Chocolate dip. Melted dark chocolate dengan tambahan buat stroberi, anggur, atau pisang. Minim kalori banyak vitamin dan nikmat rasanya.
KACANG
Kacang juga termasuk camilan yang begrizi. Tapi, kadang kemasan yang sudah melalui proses pengolahan tertentu justru kehilangan zat-zat baik pada kacang, Jadi, ganti dengan:
  • Edamame. Pasti pada tahu dong camilan jepang yang satu ini? Edamame lebih sehat karena penyajiannya direbus, serta mengandung protein dan zat besi yang cukup tinggi.
  • Mixed nuts, seperti almond, kacang mede dan pistachio. Usahakan makan yang mentah atau dipanggang. Karena, tinggi kandungan omega-2, protein dan seratya.
  • Kalau bosan ngemil kacang asli, cobain aja minum susu kacang hijau atau kacanng kedelai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar